2017

2017. Blog ini sudah ada sejak 2008, berarti sudah ada sekitar 9 tahunan. Rasanya waktu yg tepat buat menandai kalo ini adalah post terakhir di blog ini. Saya selaku pemilik blog andirkh.wordpress.com mengucapkan terimakasih yg sudah berkunjung atau jg yg sempat berkomen.

Ohiya, karena blog ini tidak memiliki biaya operasional ,maka blog ini akan tetap ada dan tidak ada rencana untuk dihapus kedepannya 😉 (saya jg tidak mau). Semoga mendapatkan manfaat dari tulisan-tulisan random saya sebelumnya.

Baik begitu saja, sampai bertemu di blog selanjutnya.

 

Surabaya, 22 Maret 2017

 

 

 

 

 

2016

Hello World!. Buat pembatas, post pertama setelah sekian lama sejak 2015. Sayang saja kalau blog ini diterlantarkan. Blog ini sudah menemani saya nulis artikel-artikel gak jelas sejak saya masih sekolah, hehe.

Pengenalan Wajah dengan Jaringan Saraf Tiruan dan Visualisasi Kalibrasi Kamera

asd10Kali ini saya mau bagi-bagi source code. Ada dua yg saya mau bagi, yg pertama Face Recognition menggunakan Jaringan Saraf Tiruan, yang kedua Kalibrasi Kamera lalu divisualisasikan 3D menggunakan OpenGL. Keduanya menggunakan OpenCV, Bahasa C++ dan dibuat di Ubuntu Linux. Kalau ingin berjalan di Windows, ambil hikmahnya saja, hehe. Bukan, maksud saya buka lg file cpp nya, lihat inti-intinya, sesuaikan headenya.

Yasudah ini source code yg pertama -> Face Recognition , lalu ini yg kedua -> Camera Calibration . Continue reading

The Wind Rises

Berlatar belakang jepang yg masih setara dengan Indonesia, masih susah, orang-orangnya gak seberapa pinter, banyak bencana alam, perang, dll. Tapi gak memutuskan semangat Jiro Horikoshi buat belajar dan akhirnya bisa membangun pesawat terindah, terminimalis, teringan namun tetap canggih di zamannya. Nilai plus lainnya, film ini diangkat dari kisah nyata dan pembuatannya menggunakan tangan. Alias serba manual! tidak banyak menggunakan komputer, bahkan background gambar dari film ini semuanya menggunakan lukisan tangan. Detail sekali, bahkan (lagi) objek yg gak seberapa penting tetep digarap serius seperti pergerakan masyarakat, serpihan serpihan, dll. Kagum banget sama film ini

Oh iya, ini ceritanya diangkat dari kisah nyata.

Clay

IMG_20141206_225545IMG_20141206_223906 IMG_20141206_224209

coba coba bikin clay dari hard clay yg merknya DAS, susah sekali ternyata bikin clay itu. Diatas itu gambar percobaan pertama kalinya.