Ceritanya Produk Pertama yg Saya Bikin dan Jual !

Gambar

Pernah kalian inget produk apa yg kalian bikin sendiri lalu kalian jual? Boleh jadi produknya berupa jajanan ringan lalu kalian jual ke temen-temen buat dana acara sekolah gt. Saya barusan inget produk yg saya jual waktu saya kelas TK Nol Besar kalau enggak Kelas 1 SD. Di Jaman itu, mainan masih unik-unik dan yg lagi populer adalah mainan mini 4WD. Tamiya asli harganya 29rb kalo enggak salah. Itu pun tanpa mesin motor DC dan baterei (Sekarang harganya 180rb di 2014). Masalah harga ini menyebabkan saya gak punya banyak koleksi tamiya wkwk. Lagian main tamiya jg harus ke arenanya yg 4 km dari rumah. Belum lagi kalau batereinya abis, harus beli baterei lagi. Dari masalah ini, jadilah dengan sebuah kertas + bolpen + gunting, saya bikin produk pertama saya.Gambar

Di atas buku sekolah kotak-kotak saya gambar dengan tangan sendiri macam-macam tamiya dari tampak atasnya. Buanyak sekali ada puluhan yg saya copy dari kardus tamiya yg saya punya. Kardus tamiya waktu itu, di belakangnya ada gambar-gambar tamiya lain yg tersedia. Saya gambar juga F1. Lalu gak puas disitu saya guntingi mereka. Lalu saya mikir, terus buat apa ini.

Isengnya saya kasih semacam layar, hahaha. Jadilah dia bisa bergerak kalau didorong angin. Saya maenin 2 kertas mobil-mobilan yg saya buat tadi sama adek di halaman rumah. Beruntung rumah saya menghadap utara. Jadi angin kalau siang hari berhembus dari utara ke selatan (entah kenapa). Jadi deh dia bisa dipakai balapan cepet-cepetan sampai finish dengan didorong angin.

GambarKurang lebih kayak gambar diatas itu bentuk si Tamiya Ramah Lingkungannya 😀 . Karena saya maen di halaman, tetangga yg cina-cina dateng buat liat. Mereka kepingin. Saya guntingin dia satu-satu. Kita jadi balapan mobil kertas bareng di halaman.

Besoknya saya mulai menggambar lg yg lebih keren, yg layarnya lebih besar, saya kasih bumper juga walaupun gak ada gunanya hahaha. Temen rumah yg cina-cina pada kepengen. Tapi saya gak mau ngasih gratis karena gambaran saya lebih keren dari kemaren. Jadilah saya jual ke mereka dari harga Rp 25 sampai Rp 150 (masih ada keping uang 25 dan 50 waktu itu)

Rp. 25 buat kit layar-layar atau bumper, Rp 100 buat bodinya, Rp. 150 buat kit lengkap. DAN SAYA PUNYA PULUHAN BIJI! . Orang tua tetangga saya yg dimintai uang buat beli sebuah kertas yg digunting jadi heran. Heran, ngapain anaknya buang-buang duit buat mainan gitu. Hahaha pernah ada salah satu orang tua yg marah ke saya. Ya gapapa deh, setidaknya saya berhasil ngejual ke anak bapak :p

FYI, Di tahun segitu semangkuk Soto di depan sekolah SD harganya cuma Rp. 500,- aja .

Advertisements

2 thoughts on “Ceritanya Produk Pertama yg Saya Bikin dan Jual !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s