Setahun Bersama Samsung S5

IMG_20140104_195756

 

Samsung Serie 5/Series 5 atau orang-orang gampangnya bilang Samsung S5 itu sebuah notebook keluaran samsung dengan CPU prosessor intel i5 atau APU amd A6. Sekitar setahun lalu beli laptop ultrathin ini, lalu apa sih kekurangan dan kelebihannya

Baterai Besar di Laptop Tipis

IMG_20140104_200326

 

Terkesan Kontradiktif tapi sekitar bulan lalu aku buka daleman laptop ini dan kaget, ternyata batereinya setengah dari besar keseluruhan laptop. Kekurangannya baterai ini tidak bisa dilepas secara mudah seperti laptop laptop keluaran terdahulu. Keleibihannya sesuai ukurannya yg besar, baterainya tahan lama ! berikut screenshotnya :

16

 

Walaupun lama baterai habis relatif terhadap pemakaian laptop, tapi sudah sangat lumayan untuk laptop berumur setahunan.

Tipis Sih, Tapi..

IMG_20140104_200213

 

Tapi ya gitu, ukuran kipasnya juga tipis dan diletakkan dibawah Layar LED seperti punya Macbook.  Memang bagus secara tampilan tapi juga ada yg harus dikorbankan. Konfigurasi itu bikin laptop overheat ketika dinyalakan sambil ditutup. Port yg disediakan 2 USB 2.0, 1 USB 3.0, HDMI, SD Card, dan Samsung 12 port display.

Material Alumunium dan Fiberglass

IMG_20140104_200405

 

Bagian atas menggunakan material alumunium dan bagian bawahnya menggunakan fiberglass. Tidak ada yg salah menggunakan Alumunium, tapi masalahnya ada di fiberglass. Memang bikin laptop ini gak sampek 1,5kg tapi catnya mudah sekali terkelupas.

Kabel Terpendek Termahal

IMG_20140104_202353

 

Jika kamu ingin laptop ini bisa bekerja dengan LCD Projector atau LCD Monitor kedua. Kamu bakal frustasi karena gak ada colokan VGA di laptop ini. Bagaimana mungkin colokannya aja lebih tebel dari laptopnya. Oleh karena itu si Samsung bikin 12port display, sama seperti apple mini display port. Tapi adaptor VGA punya samsung ini lebih langka dan mahal dari pnya apple. 400rb untuk kabel 12cm.

Operating System

Samsung S5 ini bekerja sangat baik di Windows 7 dan XP. Jika kamu pakai Windows 8, memang stabil tapi kamu akan dapet problem driver yg tidak kompatible dengan driver bawaan CD nya. kamu harus cari sendiri drivernya.

Jika kamu memakai Ubuntu Linux, maka kamu berada di jalan yg salah. Cepatlah bertobat atau laptopmu akan panas seperti neraka. Ini karena si Samsung S5 ini tidak punya graphic driver yg pas buat RADEON 7500G, dan berjalan sangat tidak stabil dengan graphic driver open source amd. Solusinya pakai OS Debian, sangat stabil dan dingin 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s