Membuat Chassis Robot dari Digital ke Dunia Nyata

Gambar

Gambar

Gambar

(hasil rendering bodi robot hexapod)

Sebenarnya membuat chassis seperti gambar diatas itu gak sulit, gak perlu pakai forming machine yg aneh aneh. Material chassis yang kita gunakan nantinya bisa Acrylic, Kayu, ABS atau apapun. Mesinnya pakai Laser Cutting. Tenang gak perlu beli, banyak kok jasa yang nyediain. Tools yang kamu persiapin cuma Kertas buat sketching sama laptop. Apa aja sih toolsnya?

Pertama yang kamu siapin Software pengolah vector 2D. Macem inkscape, CorelDraw atau yg lebih expert bisa pakai AutoCAD. Caranya kamu gambar aja chassisnya sesuai ukuran dunia nyata di corelDraw. Kebanyakan penyedia jasa LaserCutting softwarenya CorelDraw jadi pakai saja CorelDraw.

Kalau bingung kayak gimana aku kasih contohnya. Ini Chassis seperti gambar diatas yang 3D 3D itu. Bisa di download disini . Silahkan didownload free

 Kedua. Silahkan Tempat laser cutting terdekat. Misal nih kalau di Surabaya ada di Jalan Embong Malang. Tunjungan Plaza lurus lihat kanan. Banyak sekali jasa potong memotong akrilik mulai dari yang manual sampai yg pakai mesin. Kamu cari yg pakai mesin laser.

Sebenernya dari sini chassismu sudah ada di dunia nyata 😀 . Tapi kalau kamu pengen lihat versi 3Dnya sebelum nyetak bisa pakai Blender.

Ketiga. Pakai aplikasi namanya Blender. Caranya kalau kalian buka fileku tadi di coreldraw langsung eksport jadi format .svg . Ini format defaultnya Inkscape, Habis gitu buka si Blender terus pencet import SVG.

Kalau sudah kamu convert jadi mesh, terus pencet E di keyboard, tarik kebawah biar keluar tingginya. Habis gitu kamu tata yang baik. Kamu render deh.

ini beberapa tampak chassis hexapod lainnya yg sudah saya render :

Gambar

Gambar

Untuk rendering ini emang gak penting penting amat secara teknis. Tapiii semisal dosen butuh gambar nyata dari chassis robot buat kita presentasi, pasti nggak sia sia.

Yes, bikin chassis di indonesia emang masih jauh ketinggalan daripada negara lain. Bayangkan object yg kita bikin masih terpaku di 2D (pakai metode laser cutting). Mungkin bisa 3D tapi pakai forming machine misalnya vacuum forming, CNC, dll. Atau mungkin mau sculpting sendiri dari clay di-silicon rubber terus dituangin resin?. Bisa saja kalau Mau

Di belahan bumi lain, teknologi membuat body robot sudah sangat simple tapi nggak sederhana (gimana sih) 😀 . pakai 3D Printer. Apa itu 3D printer? silahkan belajar sendiri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s