Knalpot Ramah Lingkungan dan MURAH !

Entah kenapa terpikir di benakku untuk merawat lingkungan kita yang sudah lumayan gawat ini .pak warju Di Surabaya saja siang-siang bolong sampai terlihat penampakan fatamorgana di jalan raya Darmo :O . Beruntung Warju, Dosen UNESA berhasil memodifikasi knalpot mobil dan motor menjadi lebih ramah lingkungan . Emisi pun turun sebanyak 90persen!! Iya 90persen . Laboratorium belakang Fakultas Tknik Universitas Negeri Surabaya dijadikan sang bapak donsen ini bengkel sekaligus tempat penelitiannya dia . Banyak peralatan pendukung disana seperti Fuel motor, Sport devices, stargas dan komponen-komponen sepeda motor serta mobil lain . Di Labkelnya yang menurut beliau “rumah keduanya” , beliau bekerja waktu jam-jam pulang kuliah hingga jam 6 pagi beserta para mahasiswanya .
Oleh karena penelitian dilakukan di malam hari, tidak ada yang merasa terganggu saat mereka memutar gas keras-keras . Penelitian ini ga hanya 1bulan 2 bulan dilakukan oleh pak warju, melainkan dari tahun 2006-2008 akhir dengan salah satu karyanya yaitu Knalpot Honda Kharisma Ramah Lingkungan . Butuh kerja keras untuk melahirkan knalpot itu . berulang-ulang kali beliau gagal tapi tetep bangkit demi alam . Knalpot modifikasi itu benar-benar ramah lingkungan dengan emisi karbondioksida (CO2) yang turun sampai 96persen , sedangkan Hidrokarbonnya (CH) 94persen . Keistimewaan lainnya knalpot itu berhasil menaikkan power dan menghemat bahan bakar . Beda banget ama sekelumit orang yang memodifikasi knalpot standarnya makin ngegrung ga karuan . Kalo gini kan kita juga mengurangi dosa saat berkendara .
Apa rahasianya? Pak Warju memasang Catalytic Converter pengubah 2CO(g) + 2HNO (g) 2CO2 (g) + N2 (g). Apa istimewanya ? kan benda ini juga ada di knalpot Jupie MX atau V-Ixion? Yang satu ini beda bung . Kreasi Catalytic Converter-nya lpak Warju lebih MURAH dan dapat di beli di took-toko! . Seperti serat tembaga, serat kuningan, Kuningan lapis Chrome, tembaga lapis Chrome, serta tembaga berlapis mangan . Ini logam alternative yang bisa membentuk catalytic converter. Kalau yang asli bahannya dari logam mulia, perak, intan dll . Mahal kan ? . Pak Warju menuturkan kalau dia ingin mengatasi polusi udara dengan cara yang mudah dan murah .catalytic_converter

Tidak hanya catalytic converter aja rahasianya . Pak Warju pertama-tama membongkar knalpot standar untuk mengetahui isinya . Kemudian Knalpot itu dimutilasi menjadi 4 bagian biar bisa dibongkar-pasang kalau rusak dan tak perlu mengganti kenalpot kalau rusak disalah satu bagian . Lantas ditiap bagian kenalpot tadi diberi catalytic converter biar makin maknyuss . Tentu saja setelah pakai catalytiuc converter harus pakai PERTAMAX . Karena timbel dapat merusak komponen tersebut . Kalau males beli Pertamax bisa juga pakai premium yang iso-oktananya dinaikkan dengan zat aditif methyl tertiery buthyl ether atau MTBE yang bentuknya pil itu lho (keluar di soal UAS Kimiaku kemaren) . Pak Warju yang cinta penelitian tersebut berencana MEMATENKAN karya kreasinya tersebut (hati-hati malaysia nge-klaim) .

Advertisements

12 thoughts on “Knalpot Ramah Lingkungan dan MURAH !

  1. pake pertamax……! bukannya premium itu udah bebas timbal (info dari Pertamina lho )klw dipaksa pake pertamax gmn dong yg didaerah terpencil jauh dari SPBU kan gak efektif jg.

  2. Setahu saya yang agak dongo, yang namanya catalytic converter itu dimana-mana pasti bikin tenaga ngempos karena tidak free flow! mana ada yang naikin power! pahami dulu prinsip kerja knalpot, jangan asal nulis, bisa menyesatkan, kalo mau go green okelah pake knalpot ber-catalytic converter, kalo mau power lebih oke free flow lebih baik!. Tinggal pilih, mau cepet mati keracunan asap knalpot apa mati nabrak tiang listrik gitu….peace ah!

  3. gw spakat bwt lingkngan kt mnjadi lbih hijau…..
    tp apakah dngan hijaunya lingkungan mtr kt dpt brakslrasi maksimum….

  4. bohonngg…dongo benar,,,pada dasarnya jk catalic compenter terpasang yang ada mlh ngempos krn tdk free flow..jelas …dmn mn para modifikator untuk tingkatkan performance sll menggunakan knalpot free flow yang artinya melepas catalic compenter.Dan blm ditemukan pengganti knalpot berecatalic compenter yang pada fungsinya merubah gas beracun,,,yang ada catalic comventer buatan penyeimbang suara….krn sampai saat ini km jg msh dlm penelitian terus sbg modifikator di knalpot. thanks

  5. Sayangnya, musti pakai pertamax… jadi biaya untuk bbm sekitar 1,5 kali lebih mahal daripada kalo pake premium…

  6. saya belum tahu pasti cara kerja knalpot penemuan tsb. Tetapi JIKA MUNGKIN cara kerja knalpot dapat mempersulit motor untuk membuang gas lebih baik letak kokmponen isi knalpot didesan ulang dengan tujuan agar gas buang motor dapat lebih lancar, sehingga tidak mengganggu kerja mesin motor, Tetapi tidak merubah fungsi/tujuan semula yakni ramah lingkungan. Maaf jika anda kurang berkenan atas segala kesalahan-kesalahan, kekurangan dalam komen saya. Peace

  7. pak saya tertarik dengan penelitian anda? bisa mendesain knalpot ramah lingkungan serta hemat bahan bakar, sukses selalu buat pak warju dan unesa

  8. di mana saya bisa menemui Pak Warju? saya pengen sekali menerapkannya di motor saya tipe mesin 2 tak yaitu yamaha RXZ, dengan menggunakan knalpot standartnya

  9. ini dosen gua. mangstap deh catalityc converternya. terbukti mengurangi emisi setelah di cek memakai exhaust emission gas analyser. sukses buat pak warju. hahaha

    • kl menurut saya free flow dan catalis konverter bisa nyatu setelah liat salah satu knalpot racing buatan uk. karena saya liat katalis converternya berbentuk tabung lurus.bisa dilihat di : http://www.bodis-exhaust.com/index.php?page=speer-racing-parts-bodis-exhaust-company&hl=en_UK
      ada db killernya jg. ktm yg untuk eropa jg kyk gitu. standar eropa harus ramah lingkungan. kyknya ini jg berbentuk lurus jd bagus lebih freeflow ga kyk katalis motor standar yg berkelok2. mdh2an makin berkembang lg tanpa las2an alias plug n play..biar ga repot..hehehe,,misal copot pipa sarang dalem digantikan konverter penuh sampai belakang/cm setengah baru baut tutup..hehehe..ljd mw bli tsukigi satu lg buat bikin model kyk gini hehehe..maaf kl ada salah kata sukses lah n go green

      kenceng n ramah lingkungan??? kereeeeen!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s